Capai target 100% tahun 2024, Dinkes Bungo,Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) untuk 7 Kecamatan.

By Redaksi 07 Mei 2024, 22:58:01 WIBWARTA BUNGO

Capai target 100%  tahun 2024, Dinkes Bungo,Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) untuk  7 Kecamatan.

Keterangan Gambar :


Capai target 100%  tahun 2024,
Dinkes Bungo,Gelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) untuk  7 Kecamatan.


Wartalintas.id.Bungo- Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo di Aula Cempaka Kuning Kantor Bappeda, Selasa (7/5/2024).

Kegiatan ini untuk mewujudkan Kabupaten Bungo yang sehat, bersih, dan bebas dari buang air besar sembarangan serta menuju kabupaten bungo 100% ODF.


Kepala Dinas Kesehatan Bungo,Safaruddin Matondang mengungkapkan, untuk hari ini 27 Dusun dalam 7 kecamatan bersama-sama  mendeklarasikan bebas dari buang air besar sembarangan serta berusaha menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di lingkungan masyarakat.

“warga semakin sadar meninggalkan kebiasaan buang air besar sembarangan. Mereka melaksanakan pola hidup sehat dengan membangun jamban keluarga di rumah masing
-masing.”terang Kadis Kesehatan

Ia berharap, bagi warga yang belum memiliki jamban,Pihaknya terus mendorong untuk melakukan BAB di jamban. Pemerintah kabupaten Bungo melalui Dinas Kesehatan terus  mendorong dan megedukasi  masyarakat disetiap dusun agar tidak lagi BAB sembarangan.


Selain itu  sektor kesehatan menjadi salah satu faktor pembangunan. Semakin banyak warga yang bisa menjaga kesehatan, tentu akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan stop buang air besar sembarangan.


Gerakan masyarakat hidup sehat agar untuk terus digalakkan. Pemerintah Kabupaten Bungo berkomitmen mewujudkan lndonesia Sehat  Jadikan program tersebut sebagai pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,’’ujar kadis

Dijelaskannya, kesehatan masyarakat suatu wilayah, meningkat atau menurun bisa dilihat melalui indikator kematian, kesakitan, status gizi dan umur harapan hidup. Suatu wilayah dapat dideskripsikan kesehatan masyarakatnya meningkat, bila tingkat mortalitas yang diwakili angka kematian ibu dan bayi, serta angka kematian akibat penyakit menurun.

Pada kesempatan tersebut  juga dilakukan prosesi deklarasi terhadap 7 Kecamatan dipimpjn langsung Asisten I serta  diberikan penghargaan kepada 7 Kecamatan yang telah mendeklarasikan ODF dan  menerapkan STBM, yaitu :
Kec.Tanah sepenggal lintas,
kec.tanah sepenggal,kec.tanah tumbuh,kec.limbur lubuk mengkuang,kec.pelepat,kec.bathin III ulu serta kec.Muko-muko bathin VII.


Pada kesempatan yang sama, Asisten I Zulfadli  memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih serta rasa bangga kepada 7 kecamatan dan 27 Dusun  serta seluruh masyarakat didusun.

“ Dengan dideklarasikan nya 7 Desa ODF tersebut, saya ucapkan selamat ini menandakan seluruh Kecamatan di kabupaten bungo sudah 100% ODF di tahun 2024 ” terang Asisten I Zulfadli.

Menurut Asisten I, dengan deklarasi hari ini masyarakat bungo telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

“Saya berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan berkelanjutan, agar seluruh masyarakat di dusun ini tetap sehat, dengan lingkungan dan kebersihan nya yang selalu terjaga,” pungkasnya.Warta.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook