Dampingi Bupati Dan Gubernur Jambi, Kadis TPH BUN Tanam Padi serta panen Bersama Di Dusun Empelu.

By Redaksi 03 Jun 2024, 22:39:37 WIBWARTA BUNGO

Dampingi Bupati Dan Gubernur Jambi, Kadis TPH BUN  Tanam Padi serta panen  Bersama Di Dusun Empelu.

Keterangan Gambar :


Wartalintas.id.Muara Bungo - Gerakan tanam padi sawah merupakan salah satu program Kementan untuk percepatan antisipasi darurat pangan. Kegiatan Gerakan tanam padi sawah dilaksanakan di Poktan Bougenvile dan Poktan Usaha Bersama, Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo (30/05). 

Dengan adanya Gerakan tanam ini harapannya terjadi peningkatan luas tanam padi, luas panen, produksi dan produktivitas padi. Gerakan Tanam Padi Sawah serta panen bersama Poktan Bougenvile dan Poktan Usaha Bersama Dusun Empelu Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo.

Dalam kesempatan tersebut,Kadis TPH BUN Bungo Muhamnad Hasbi,bersama  Gubernur Jambi  Al Haris serta Bupati Bungo Mashuri berkesempatan untuk melakukan tanam padi serta panen padi bersama.


Dari kegiatan tersebut Gubernur Jambi  Alharis berkesempatan  mendengarkan keluhan kelompok tani. Salah satunya, Ketua Kelompok Tani Bukit Kemang, dirinya menyampaikan kepada Gubernur Jambi Al Haris terkait pembebasan lahan tidur yang diperuntukkan untuk lahan pertanian.

"Pembukaan lahan tidur seluas 30 hektar, namun yang baru terbuka hanya 10 hektar, 20 hektarnya terkendala dengan pembuangan air. Untuk itu, kami perwakilan para kelonpok tani meminta Bapak Bupati Bungo dan Gubernur Jambi  untuk  mencarikan solusinya, biar lahan tidur tersebut bisa kami garap kembali oleh Kelompok Tani (poktan),ujarnya"

Terkait hal tersebut, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa ada program terbaru dari Kementerian Pertanian yaitu Optimasi Lahan, dimana Provinsi Jambi tahun ini mendapatkan dana sekitar 68 Miliar.

program dari Kementerian Pertanian tersebut , namanya optimasi lahan,  Provinsi Jambi dapat sekitar 68 miliar. Jadi untuk pembebasan lahan 20 hektar ini atas nama pemprov Jambi akan saya alihkan ke Poktan yang ada di bungo," ungkap Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut dalam sambutannya Gubernur Jambi Al Haris juga mengatakan, untuk saat ini kondisi pangan di Provinsi Jambi mengalami pasang surut.ini disebabkan karena adanya alih fungsi lahan dari  sawah menjadi lahan kebun sawit sehingga luas lahan sawah berkurang dan untuk produksi padi juga menurun.

“Luas sawah kita saat ini  sudah menurun, ada beberapa tempat dimna sudah dilakujan petani untuk dialih fungsikan lahannya, sudah jadi lahan sawit dan lain sebagainya, maka untuk itu panen kita dari tahun ketahun juga turun,” ujar Gubernur


Selain itu Bupati Bungo Mashuri mengapresiasi atas kunjungan   kerja (Kunker ) Gubernur jambi ke Kabupaten Bungo, serta adanya interakasi dan  tanggapan dari Gubernur jambi Alharis,atas keluh kesah kelompok tani di Bungo.

"Jangan dianggap enteng terkait ketahanan pangan karena ini kebutuhan pokok kita, untuk itu aras bana Pemerintah Bungo, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi Alharis serta  para kelompok-kelompok tani padi, saya lihat punya semangat yang tinggi dan ini terlihat dari hasil yang didapat,.”ujar Mashuri


Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk Mengetahui keberhasilan kelompok Tani dan penggunaan sarana produksi pertanian (saprodi) yang telah diberikan kepada kelompok Tani di Kabupaten Bungo.


Diakhir kegiatan Gubernur Alharis menyerahkan bantuan berupa  traktor roda 2 sungkal (dua unit) ,hand sprayer 2 unit serta bantuan APBN pusat ke pemkab Bungo yang diterima Bupati Bungo Mashuri tahun 2024 berupa alat dan mesin pertanian berupa Traktor roda 2  dua puluh unit serta pompa Air 20 unit.Redaksi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook