Dinkes Himbau Masyarakat Bungo, Waspada Penyakit Pasca Banjir.

By Redaksi 15 Feb 2024, 20:28:16 WIBWARTA BUNGO

Dinkes Himbau Masyarakat Bungo, Waspada Penyakit Pasca Banjir.

Keterangan Gambar :


Dinkes Himbau Masyarakat Bungo, Waspada Penyakit Pasca Banjir.


Wartalintas.id.Muara Bungo - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bungo menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang biasa menyerang pasca banjir.

Himbauan tersebut dikeluarkan oleh Dinkes daerah itu karena dalam dua minggu terakhir daerah itu mulai terdampak banjir akibat kiriman air dari hulu sungai. Meski saat ini air kiriman tersebut berangsur surut namun disebagian wilayah masih terdampak.

“Yang lebih dikhawatirkan tersebut yakni penyakit yang biasa timbul pasca terjadinya banjir, seperti penyakit kulit  seperti gatal - gatal,Diare dan demam berdarah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bungo  dr Safaruddin Matondang , Kamis.1 Februari 2024.


Kepala Dinas Kesehatan Bungo tersebut meminta masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan pasca terjadinya banjir. Seperti melakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk. Karena pasca terjadinya banjir banyak terjadi genangan-genangan air di wadah-wadah yang terbawa banjir.

Karena air yang tergenang di wadah-wadah tersebut merupakan sarang bagi nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Pemberantasan yang di sarankan oleh Dinkes Bungo  itu dengan melakukan 3M plus, yakni membersihkan, mengubur dan menutup wadah-wadah yang dapat menjadi sarang nyamuk.

“Pencegahan penyakit DBD tersebut prinsipnya pembersihan lingkungan,” kata dr.Safaruddin


Selain pasca banjir, Dinkes Bungo turut menghimbau masyarakat Kabupaten Bungo untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena cuaca yang tidak menentu seperti saat ini sangat berpotensi untuk  menimbulkan penyakit jika daya tahan tubuh menurun.

Menjaga daya tahan tubuh tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan lingkungan. Serta jika alami gangguan kesehatan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat seperti posko kesehatan yang telah didirikan oleh Dinas Kesehatan di setiap Kecamatan yang terdampak banjir

“Yang tidak lebih penting yakni membudayakan cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penularan penyakit serta pakai masker bagi yang alami Deman dan Flu,” kata Kadis Dinjes Bungo dr.Safaruddin matondang Menambahkan. Warta.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook