DPRD Bungo Gelar Paripurna Perubahan KUA/PPAS Tahun Anggaran 2020

By Redaksi 08 Sep 2020, 12:52:48 WIBWARTA BUNGO

DPRD Bungo Gelar Paripurna Perubahan KUA/PPAS Tahun Anggaran 2020

Keterangan Gambar :


BUNGO, WARTALINTAS.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Bungo menggelar rapat Paripurna Perubahan KUA/PPAS Tahun Anggaran 2020 yangdisampaikan oleh Bupati Bungo H.Mashuri,SP,ME yang diwakili oleh Sekda Bungo Drs.Mursidi,MM, Selasa (18/08/2020).


Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jumiwan Aguza,SM dihadiri oleh Ketua DPRD Jumari Ari Wardoyo dan 29 orang dari 35 anggota DPRD.


Bupati Bungo H.Mashuri,SP,ME dalam pidatonya yang dibacakan oleh Sekda Bungo Drs.Mursidi,MM mengatakan bahwa Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah merupakan landasan filosofis untuk merumuskan kebijakan dan sasaran program kegiatan pembangunan dalam satu Tahun Anggaran.


Kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah selanjutnya menjadi acuan atau pedoman bagi seluruh Perangkat Daerah dalam menyusun rencana kegiatan untuk selanjutnya ditampung dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah. APBD sebagai salah satu dokumen rencana kerja tahunan Pemerintah Daerah juga berfungsi sebagai instrumen utama dalam meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sehingga perlu dilakukan upaya perbaikan secara terus menerus demi terwujudnya tata kepemerintahan yang baik.


Bupati menambahkan, sehubungan dengan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama semester pertama tahun anggaran 2020, dimana dijumpai beberapa aspek yang perlu dilakukan proses penyesuaian dan penyempurnaan terutama terkait pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.


Berdasarkan hal tersebut, lanjut Bupati, maka pemerintah perlu melakukan perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.


Kemudian berdasarkan evaluasi terhadap pelaksanaan program/kegiatan selama semester pertama tahun 2020, dijumpai beberapa program/kegiatan pada SKPD yang perlu dilakukan penyesuaian sehingga perlu dilakukan optimalisasi pemanfaatan anggaran bahkan pemangkasan Anggaran, dengan harapan target-target pembangunan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah.


Bupati menjelaskan bahwa dalam pengajuan Perubahan KUA/PPAS APBD kali ini, ada beberapa hal substansial terkait dengan perubahan pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah.


Berdasarkan pada perhitungan teknis terkait dengan sumber-sumber pendapatan daerah, serta memperhatikan berbagai usulan program/kegiatan yang perlu untuk mendapat perhatian dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, maka struktur Perubahan APBD Kabupaten Bungo dapat digambarkan sebagai berikut :
1.Perubahan pada beberapa komponen pendapatan daerah mengakibatkan pendapatan daerah mengalami pengurangan sebesar Rp139,77 Milyar Lebih atau (7,7%) dari target yang telah ditetapkan pada APBD Tahun Anggaran 2020 sebelum perubahan sebesar Rp1,845 Triliyun Lebih sehingga menjadi Rp1,705 Triliyun Lebih;
2.Perubahan belanja disebabkan oleh pengurangan alokasi belanja pada beberapa SKPD, mengakibatkan penyesuaian belanja sebesar Rp112,02 Milyar Lebih atau (6,08%) dari target yang telah ditetapkan pada APBD Tahun Anggaran 2020 sebelum perubahan sebesar Rp1,843 Triliyun Lebih sehingga menjadi Rp1,731 Triliyun Lebih;
3.Penerimaan pembiayaan yang berasal dari SiLPA sebesar Rp27,74 Milyar Lebih yang merupakan hasil dari audit BPK atas LKPD Tahun Anggaran 2019.
Bupati menyadari, bahwa perkiraan pendapatan dan perkiraan belanja dalam dokumen Rancangan KUPA dan PPAS-P Tahun Anggaran 2020, dapat saja mengalami perubahan kembali pada saat pembahasan nanti sesuai dinamika yang terjadi dengan memperhatikan kondisi terakhir keuangan daerah dan estimasi diakhir Tahun 2020 yang akan datang.


Hal ini dilandasi pada pemikiran dan kerangka berpikir yang mengedepankan kepentingan bersama dalam membangun Kabupaten Bungo.


Hadir pada kesempatan rapat paripurna tersebut anggota TAPD dan Kepala OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Bungo serta undangan lainnya.

(Wartalintas.id/Umar Kusuma)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook