Harga Cabai Anjlok, Dinas TPHP Sebut Hampir Semua Kabupaten Panen

By Redaksi 03 Jun 2020, 22:22:30 WIBWARTA BUNGO

Harga Cabai Anjlok, Dinas TPHP Sebut Hampir Semua Kabupaten Panen

Keterangan Gambar :


BUNGO, WARTALINTAS.ID - Hingga kini, Dinas Tanaman Pangan, Horikultura, dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo sudah mengalokasikan bantuan pada petani cabai. Kadis TPHP Kabupaten Bungo, Muhammad Hasni mengatakan,  petani rata-rata sudah pernah diberi bantuan oleh dinas PTHP seperti bibit alat mesin dan lain sebagainya.

“Untuk petani rata-rata sudah pernah kami berikan bantuan, seperti bibit alat mesin dan lain sebagainya," ujarnya.

Untuk mengurangi biaya produksi mereka, pihaknya juga punya brigade hama penyakit.


"Kalau ada tanaman petani yang terserang hama penyakit, kita bersama petugas TPHP kita siap untuk menanggulangi," katanya.

Dalam keadan wabah covid-19 sekarang ini, pihaknya sudah menganggarkan bantuan benih cabai seluas 20 hektare. Selain itu, jika petani akan menanam kembali, maka pihaknya juga akan membantu.

Dan untuk masalah harga, memang dinas hanya bisa membatu meringankan biaya operasi mereka. Sebab, harga cenderung melihat pasar.

Saat ini, harga cabai mengalami penurunan, karena memang hampir semua kabupaten sedang panen cabai. Selain itu, stok cabai yang banyak dikarenakan cabai dari luar daerah mengakibatkan penekanan cabai lokal.

"Kami berharap ini adalah penghujung panen bagi petani kita yang mengakibatkan harga murah, yang sebelumnya mereka sudah menikmati harga yang normal. Semoga ke depannya kembali dengan harga yang normal lagi," katanya.

(Wartalintas.id - Umar Kusuma)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook