Kepala Pusat Transintegrasi Ilmu Latih Mahasiswa FKIP UNJA Menulis Artikel Ilmiah

By Redaksi 21 Nov 2022, 11:16:36 WIBWARTA BUNGO

Kepala Pusat Transintegrasi Ilmu Latih Mahasiswa FKIP UNJA Menulis Artikel Ilmiah

Keterangan Gambar :


Jambi. Wartalintas.id- Kepala Pusat Kajian dan Penerapan Transintegrasi Ilmu, Dr. Fridiyanto pada 14 November 2022 lalu diundang oleh Jurusan Ilmu Pendidikan dalam kegiatan "Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa."

Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan, Dr. K. Rahman dalam pembukaan kegiatan mengatakan bahwa pemateri, Dr. Fridiyanto dipercaya untuk menjadi pembicara karena ia sudah terbukti memiliki banyak tulisan dengan berbagai versi: artikel, buku, book chapter, dan opini.

"Oleh sebab itu wajar jika ia hadir atas undangan kita untuk berbagi ilmu menulis,"Kata K. Rahman.

Dalam  pelatihan ini, Fridiyanto menekankan pentingnya etika akademik dalam sebuah karya ilmiah. Kejujuran, sambungnya, adalah kata yang sangat penting dalam karya akademik. Dalam proses pengajuan penelitian sampai laporan atau penerbitan  penelitian, kejujuran harus dinomor satukan.

"Salah satu bentuk kejujuran adalah tidak melakukan aktivitas curang seperti plagiarisme. Untuk menghindari plagiarisme ini membutuhkan skill menulis," ujar Fridiyanto.

Ia menjelaskan kepada 50 peserta  bagaimana merumuskan kebaruan (novelty) yang harus nampak mulai dari judul sampai daftar pustaka.

Dalam pelatihan ini, katanya, ia menjelaskan bagaimana membuat pendahuluan, kajian pustaka, temuan dan pembahasan, serta membuat kesimpulan serta abstrak yang baik agar dapat dimuat di sebuah jurnal terakreditasi maupun bereputasi internasional.

"Menulis merupakan proses latihan terus menerus, jangan menyerah jika kesulitan dalam menulis, terus perkuat kemampuan menulis dengan banyak membaca, observasi, dan pastinya harus praktek, jangan takut salah,"jelasnya.

Artikel ilmiah yang diterbitkan di sebuah jurnal merupakan salah satu bentuk kontribusi masyarakat kampus bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan manfaat bagi masyarakat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia,  karena sebagai dosen UIN Jambi bisa hadir berbagi dan diskusi bersama sivitas akademika UNJA," ungkapnya.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula Perpustakaan Universitas Jambi ini berlangsung lancar, mahasiswa sangat antusias dan semangat untuk belajar menulis artikel yang berkualitas.(Iwan Syofriadi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook