Penyaluran Gas 3 Kg Dinilai Tak Tepat Sasaran, Masyarakat Miskin Akan Diberi Kartu Pelanggan

By Redaksi 07 Nov 2020, 19:04:36 WIBWARTA BUNGO

Penyaluran Gas 3 Kg Dinilai Tak Tepat Sasaran, Masyarakat Miskin Akan Diberi Kartu Pelanggan

Keterangan Gambar :


BUNGO, WARTALINTAS.ID - Pemerintah Kabupaten Bungo akan menerapkan kartu pelanggan untuk mendapatkan gas elpiji 3 Kg. Kartu itu nantinya diberikan kepada masyarakat miskin.

 

Kabag Perekonomian Setda Bungo, Yudhi Prawira menilai, salah satu faktor kelangkaan gas bersubsidi tersebut di Kabupaten Bungo adalah penyalurannya tidak tepat sasaran.

 

 "Seharusnya gas elpiji 3 kg itu digunakan oleh masyarakat yang kurang mampu. Tapi sekarang banyak orang yang membeli tidak hanya masyarakat yang tidak mampu," ungkapnya.

 

Untuk mengantisipasi hal itu, sambung Yudhi, Pemerintah Kabupaten Bungo menerapkan kartu pelanggan. Yang memperoleh kartu itu bisa membeli gas bersubsidi itu sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

 

"Mereka (masyarakat kurang mampu) memperoleh jaminan ketersediaan elpiji di agen. Mereka diberi jatah satu tabung per minggu," ungkapnya.

 

Dari 17 kecamatan di Kabupaten Bungo, kartu pelanggan itu akan diterapkan di 4 kecamatan, yakni Pasar Muara Bungo, Rimbo Tengah, Bungo Dhani, dan Bathin III.

 

"Datanya sudah masuk dari kecamatan kemudian akan diverifikasi oleh dinas terkait, apakah data yang masuk itu benar-benar masyarakat kurang mampu," jelas Yudhi.

 

"Data itu diusul dari RT diketahui lurah, direkap lagi dari kecamatan, baru diantarkan ke dinas terkait," tutupnya.

 

Untuk diketahui, Saat ini kuota gas elpiji di Bungo 4.900 metrik ton. Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Bungo mengusulkan penambahan gas elpiji  3 Kg sebanyak 11 ribu metrik ton. Usulan itu hampir tiga kali lipat dari usulan tahun sebelumnya.

 

Wartalintas.id/IS




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook