Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Bungo AKBP Singgih Hermawan,S.I.K,M.A.P Jadi Irup

By Redaksi 01 Jun 2024, 11:07:46 WIBWARTA BUNGO

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Bungo AKBP  Singgih Hermawan,S.I.K,M.A.P Jadi Irup

Keterangan Gambar :


Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Bungo AKBP  Singgih Hermawan,S.I.K,M.A.P Jadi Irup


Wartalintas.id.Muara Bungo - Pemerintah Kabupaten Bungo menggelar upacara memperingati hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 dengan mengusung tema" Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045“ berlangsung di halaman Kantor Bupati Bungo Sabtu pagi (01/06/2024).


Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila serta pembukaan UUD 1945.


Bertindak selaku inspektur Upacara adalah Kapolres Bungo  AKBP Singgih Hermawan, S.I.K, M.A.P turut hadir dalam upacara tersebut Bupati Bungo Mashuri S.P.ME,Sekda Bungo Mursidi dan unsur forkompimda Kabupaten Bungo, para Kepala OPD serta para tamu undangan lainnya.


Kapolres Polres Bungo, dalam membacakan amanat tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, menyampaikan, hari ini Sabtu pada 1 Juni 2024 adalah hari memperingati Hari Lahir Pancasila, di mana ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan dan juga bapak pendiri bangsa Indonesia ini pertama kalinya memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945.


Di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang Maju, Mandiri dan Berdaulat,'' ucap Kapolres.


Lanjut Kapolres, patut disyukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai - nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.serta  Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.


Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai - nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,''ujar Kapolres.


Di akhir membacakan amanat, Kapolres mengajak seluruh komponen bangsa khususnya Masyarakat Bungo untuk terus bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945.Warta.

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook