Pusat Kajian dan Penerapan Transintegrasi Ilmu Mulai Perkuliahan Transintegrasi Ilmu

By Redaksi 07 Okt 2022, 10:54:36 WIBWARTA BUNGO

Pusat Kajian dan Penerapan Transintegrasi Ilmu Mulai Perkuliahan Transintegrasi Ilmu

Keterangan Gambar :


Jambi, wartalintas.id- Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha (UIN Sutha) Jambi memulai perkuliahan  Transintegrasi Ilmu bagi mahasiswanya yang berjumlah 3000 an lebih. Perkuliahan tersebut dimulai pada semester ganjil tahun 2022.

Ketua Pusat Kajian dan Penerapan Transintegrasi Ilmu UIN Sutha Jambi, Dr. Fridiyanto mengatakan bahwa setelah  para dosen mendapatkan Training of Trainers (ToT) Mata Kuliah Transintegrasi Ilmu, maka tahap berikutnya dosen diharapkan memulai perkuliahan sesuai dengan kalender akademik yang telah ditentukan.

"Perkuliahan  Transintegrasi Ilmu diselenggarakan secara daring melalui zoom," ujar Dr. Fridiyanto.

 Dejelaskannya, Perkuliahan dilakukan secara Team Teaching yang  terdiri dari sembilan orang dosen yang memiliki keahlian dalam bidang  Keislaman dan Sains. 

"Team Teaching ini berkolaborasi dalam kelas yang juga terdiri dari mahasiswa lintas prodi,"jelasnya.

Dengan adanya perkuliahan lintas disiplin ilmu ini, kata dia, maka diharapkan konsep Paradigma Transintegrasi Ilmu mengenai peleburan bidang disiplin ilmu akan terjadi.

 Mahasiswa bidang keislaman akan mengetahui ilmu sains, begitu juga sebaliknya mahasiswa seperti di Fakultas Sains dan Teknologi akan dapat memahami kajian keislaman dan dapat mengkontekstualisasikan dengan keilmuan sains yang mereka tekuni," ungakpnya.

Lebih lanjut Dr. Fridiyanto menjelaskan bahwa  Paradigma Transintegrasi Ilmu sebagai ciri khas keilmuan UIN Sutha Jambi salah satu teknik menghidupkannya secara nyata adalah melalui  Mata Kuliah Transintegrasi Ilmu. Namun strategi lain juga akan dilakukan, misalnya dengan menerapkannya dalam penelitian dosen dan pengabdian pada masyarakat, sehingga Paradigma Ilmu benar-benar dapat menjadi spirit akademik UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Dr. Fridiyanto mengatakan bahwa sebagai Ketua Pusat Kajian Transintegrasi Ilmu dia sangat berharap dosen benar-benar memahami konsep dasar Paradigma Transintegrasi Ilmu dan menjalankannya dalam perkuliahan sesuai dengan pedoman Transintegrasi.

 "Sesuai arahan Rektor UIN Jambi sebagaimana telah disampaikan dalam ToT Transintegrasi Ilmu dan juga telah disampaikan diberbagai forum," katanya.

 Sedangkan kepada mahasiswa, Dr. Fridiyanto mengharapkan mahasiswa dapat secara serius mengikuti perkuliahan Transintegrasi Ilmu, agar visi UIN Jambi menciptakan “saintis yan ulama dan ulama yang saintis” dapat terwujud.(Iwan Syofriadi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook