Dr. Fridiyanto, Kepala Pusat Transintegrasi Ilmu UIN STS Jambi akan Berbicara di AICIS 2021

By Redaksi 10 Mei 2021, 23:27:00 WIBWARTA BUNGO

Dr. Fridiyanto, Kepala Pusat Transintegrasi Ilmu UIN STS Jambi akan Berbicara di AICIS 2021

Keterangan Gambar : Dr. Fridiyanto


Jambi, wartalintas.id- Kepala Pusat Transintegrasi Ilmu UIN STS Jambi, Dr. Fridiyanto akan berbicara di Annual International Confrence on Islamic Studies (AICIS). Kegiatan tersebut digelar  pada Juli 2021 di Semarang.

"AICIS merupakan forum ilmiah internasional bergengsi  tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (DIKTIS),"kata Fridiyanto.

 Dia menjelaskan, di forum AICIS ada ratusan peneliti dari berbagai bidang ilmu dalam dan luar negeri berkumpul untuk presentasi hasil riset.

"Forum itu juga sebagai media silaturahmi ilmiah yang memungkinkan untuk melakukan kerjasama dalam penelitian dan publikasi serta berbagai kegiatan ilmiah," ujarnya.

Tidak mudah untuk bisa ikut serta dalam forum AICIS ini, harus mengikuti seleksi ketat.

"Alhamdulillah, saya lolos dalam penyeleksian itu," ungkapnya.

Dalam forum internasional itu nanti,  Dr. Fridiyanto akan mempresentasikan paper penelitian  berjudul, "Nahdlatul Ulama Higher Education: Manufacturing Moderate Islam".

Dia meneliti tentang  kontribusi perguruan tinggi Nahdlatul Ulama  yang tersebar di Indonesia, dengan beragam bentuk kelembagaan: Sekolah Tinggi, Institut, dan Universitas (UNU) yang telah berkontribusi sebagai wadah dan tempat produksi (manufacturing) Islam Moderat. 

Di perguruan tinggi NU ini, katanya, generasi muda Indonesia tidak hanya diajarkan tentang sains dan teknologi, tapi juga bagaimana menjadi warga negara yang baik, nasionalis, relegius,  toleran, serta memiliki pandangan yang moderat.

"Perguruan Tinggi NU menjalankan prinsip Islam Washatiyyah dan Islam Kebangsaan yang merupakan prinsip dasar ormas Islam terbesar,"ujarnya

 Menurut Dr. Fridiyanto, NU tidak pernah habis untuk diteliti dari berbagai aspek, dalam kesempatan ini dia hanya meneliti aspek pendidikan tinggi saja.

"Hasil penelitian terkait perguruan tinggi NU  ini untuk semakin mempertegas dan mendorong Pemerintah agar kebijakan pendidikan tinggi juga harus mendukung perjuangan moderasi Islam seperti yang dilakukan oleh NU melalui perguruan tingginya," kata Fridiyanto.

Dia mengatakan UIN STS Jambi saat ini tidak hanya memiliki paradigma Transintegrasi Ilmu, tapi juga memiliki visi Moderasi, sehingga alumni UIN STS Jambi akan  memiliki profil lulusan yang berdakwah dengan ramah serta saintifik.

Dr. Fridiyanto  merupakan seorang  peneliti NU, setidaknya dia sudah menyunting dua buku tentang NU dan artikel-artikel terkait NU di berbagai  jurnal. 

Ini adalah momen  kedua kalinya Dr. Fridiyanto tampil di AICIS, sebelumnya tahun 2018 dia  hadir sebagai invited speaker di Palu dan mempresentasikan penelitian tentang Gerakan Islamisme serta reaksinya di Perguruan Tinggi Indonesia.

Wartalintas.id/Iwan Syofriadi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook