Unit Reskrim Polsek Muara Bungo melaksanakan Pelimpahan berkas perkara tahap II

By Redaksi 14 Okt 2021, 19:01:09 WIBWARTA BUNGO

Unit Reskrim Polsek Muara Bungo melaksanakan Pelimpahan berkas perkara tahap II

Keterangan Gambar :


Wartalintas.com.Muara Bungo-Unit Reskrim Polsek Muara Bungo melaksanakan Pelimpahan berkas perkara tahap II telah menyerahkan satu tersangka Jamaludin ala jamal (46) Warga Dusun Padang Palangeh, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo Pelaku Penipuan proyek senilai 72 juta dilaporkan oleh Ari Bowo Setiawan (40) warga kampung Lubuk, Kelurahan manggis, Kecamatan bathin III, Kabupaten Bungo ke Mapolsek Muara Bungo pada Selasa lalu (03/08/2021).

Penyerahan Tersangka dan Barang bukti tersebut yang dilaksanakan Pada hari selasa (11/10/2021) oleh Kanit Reskrim Polsek Muara Bungo AIPDA. Dwi Suwintar bersama anggotanya ke JPU Kejaksaan Negeri Bungo. Dilakukan nya pelimpahan ini setelah pemberitahuan hasil Penyelidikan Tersangka dinyatakan lengkap P-21 oleh JPU Kejari Bungo. Penyerahan Tersangka dan Barang bukti ni langsung diterima oleh JPU Kejari Bungo Risko Livardi ,SH 

Adapun tindak pidana dilakukan tersangka PENIPUAN yang terjadi pada hari minggu tanggal 08 desember 2019 sekira pukul 10.00 wib Tkp di bengkel bowo gibsun simpang jambi kec.bathin III kab.bungo.kejadian berawal saat terlapor (jamal) mendatangi pelapor untuk mengajak /memberi proyek pengadaan papan informasi dan peta kecamatan sebanyak 17 pasang dengan harga yang di sepakati kurang lebih Rp.72.000.000., (tujuh dua puluh juta rupiah) setelah papan informasi dan peta kecamatan sedang berlangsung di kerjakan terlapor meminta pelapor supaya mengerjakan dengan cepat lalu pelapor meminta dana, kemudian terlapor memberi sejumlah uang sebesar Rp.15.000.000 kepada pelapor serta barang berupa semen dan pasir senilai Rp.1.200.000 lalu pelapor menyelesaikan semua papan informasi kemudian memasang nya setelah itu pelapor menagih sisa pembayaran sebesar Rp 56.000.000.,dari terlapor namun sampai dengan sekarang belum di bayarkan akibat dari kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp.56.000.000 selanjutnya pelapor melporkan kejadian tersebut kepolsek muara bungo.

Atas kejadian tersebut Korban merasa ditipu dan merugi sebesar Rp 56 juta,” ujarnya.

Adapun barang bukti yang diserahkan oleh Penyidik Unit Reskrim Polsek Muara Bungo yang diterima JPU Kejari Bungo Risko Livardi,SH berupa suatu lembar surat pernyataan perjanjian yang dia langgar.

Kapolsek Muara Bungo IPTU. Ivan Ripai, S.Sos. I.,M.Pd  mengatakan, iya membenarkan unit Reskrim kita menyerahkan pelimpahan satu Tersangka kasus penipuan atau pengelapan proyek senilai 72 juta dan barang bukti Kejari bungo”Ucapnya.

Setelah dilakukan Pelimpahan ini kedua Tersangka sudah menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri Bungo dan untuk menunggu proses Persidangan di Pengadilan Negeri Bungo.

"Atas Perbuatan Tersangka Jamaludin dijerat dengan Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman Hukuman maksimal 4 Tahun Pidana Penjara.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook