Wabup Bungo Membuka Secara Resmi Kejuaraan Pencak Silat STKIP-MB 1St Championship 2021

By redaksi warta lintas 23 Des 2021, 15:54:28 WIBWARTA BUNGO

Wabup Bungo Membuka Secara Resmi Kejuaraan Pencak Silat STKIP-MB 1St Championship 2021

Keterangan Gambar : Pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd pada Pembukaan Secara Resmi Kejuaraan Pencak Silat STKIP MB 1st Championship 2021


Bungo, wartalintas.id- Kejuaraan Pencak Silat STKIP-MB 1st Championship 2021 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Bungo Kamis (23/12) ditandai dengan pemukulan gong. Kegiatan yang berpusat di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo tersebut berlangsung selama 5 hari (tanggal 23 s/d 27 desember 2021). Tampak hadir dalam pembukaan tersebut, H. Safrudin Dwi Aprianto Wakil Bupati Bungo didampingi Perwakilan Polres Bungo, Perwakilan Dandim Bute, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Dispora, Wakil Ketua Pengkab IPSI Bungo, dr. Triolit Zuliansyah, SP., THT Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Muara Bungo, Pimpinan Daerah 158 Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kabupaten Bungo.

Ketua Panitia, Harkam Tujantri. M.Kom menjelaskan bahwa setelah lama vakum dimasa pandemi para atlit silat sangat antusias mengikuti kegiatan kejuaraan silat ini, terbukti sebanyak 407 peserta dari berbagai kelas yang mendaftar, berasal dari 15 perguruan pencak silat dari berbagai Kabupaten Kota dalam Provinsi Jambi dan satu Kabupaten dari Provinsi tetangga (Kabupaten Dhamasraya).

"Pak wabub, disini saya melaporkan antusias para atlit silat yang mendaftar pada kegiatan ini, yaitu 407 peserta dari berbagai kelas, terdiri dari 15 perguruan pencak silat yang berasal dari Kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin, Kerinci, Sungai Penuh, Muaro Jambi dan satu Kabupaten dari Provinsi tetangga yaitu Kabupaten Dhamasraya" terangnya.

Harkam Tujantri yang juga sebagai Wakil Ketua II STKIP Muhammadiyah Muara Bungo menyampaikan, bahwa kegiatan kejuaraan tersebut bukanlah untuk mencari siapa yang juara dan siapa yang kuat. Sesuai lirik mars IPSI bahwa Pencak Silat adalah Budaya Bangsa, maka sudah sewajarnya kita selaku Atlit Silat melestarikan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita. Kemudian Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah ini juga menambahkan, diharapkan Ivent ini bukan untuk yang pertama dan yang terakhir, semoga akan ada kegiatan selanjutnya yang dikemas setelah ijin Universitas Muhammadiyah Muara Bungo keluar nanti dengan merebut Piala Bergilir, minimal piala bergilirnya pak wabub.

"Untuk peserta kejuaran silat STKIP-MB 1st Championship 2021 ini saya berpesan, jadikan ivent ini sebagai ajang silahturahmi, bukan untuk mencari juara dan siapa yang kuat. Karena silat adalah budaya bangsa sesuai yang tertuang dalam lirik mars IPSI, jadi sudah menjadi kewajiban kita untuk melestarikan budaya bangsa ini. InsyaAllah setelah ijin proses Universitas Muhammadiyah Muara Bungo keluar, kita akan buat kejuaraan silat dengan memperebutkan piala bergilir dan lebih bergengsi, setidaknya merebutkan pialanya wakil bupati kito" katanya.

Pengkab IPSI diwakili Wakil Ketua Sugiono mengatakan sejak Pandemi Covid-19 melanda banyak kegiatan ditunda bahkan tidak bisa dilaksanakan salah satunya Bupati Open. Dengan ivent ini dapat memperkuat silahturahmi antar perguruan pencak silat.

"Baru-baru ini Pengkab IPSI Bungo telah menyelesaikan pelatihan wasit juri sebanyak 25 orang dan pada saat ini mereka akan diuji transparansi wasit juri dalam event ini," terang anggota DPRD Kabupaten Bungo ini.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bungo dr Triolit Zuliansyah, Sp.THT menyampaikan bahwa kegiatan kejuaran pencak silat STKIP-MB 1st Championship 2021 sebagai cikal bakal untuk ivent pencak silat yang lebih luas dan skala nasional yang berada di Kabupaten Bungo, sehingga mampu melahirkan Atlit Silat tingkat nasional dari kabupaten Bungo.

"Kita harapkan dalam kegiatan ini para peserta dapat menjunjung tinggi sportifitas dan bukan melahirkan jagoan, tetapi sebagai ajang silaturahmi," harapnya.

Sambutan lainnya dari Pimpinan Daerah 158 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Muara Bungo Muhammad Amin, S.TP.Gr,,P.Ma mengatakan bahwa dalam kegiatan ini menghadirkan teman-teman IPSI Pengprov Jambi dan Pengkab IPSI Bungo.

"Semoga kegiatan kejuaran silat STKIP-MB 1st Championship ini dapat melahirkan atlit baru dan bisa diasah kembali menjadi atlit andalan perguruan masing-masing" katanya

Sambutan terakhir sekaligus pembukaan secara resmi Kejuaraan Pencak Silat STKIP-MB 1st Championship 2021 dengan ditandai pemukulan gong, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd mengaku bahwa kejuaraan pencak silat ini merupakan ide sangat bagus. Pencak Silat sebagai warisan nenek moyang kita, yang terus menjadi tradisi dan kebanggaan bersama. Banyak atlit berprestasi jika tidak ada ivent maka mereka tidak akan muncul, melalui Kejuaran Silat STKIP Muhammadiyah Muara Bungo ini semoga membuka peluang kepada seluruh perguruan silat yang ada.

"Saya berharap agar tetap menjalankan prokes, dan menjadikan ivent ini sebagai media silahturahmi antar perguruan silat lintas perguruan, PSHT, IKSPI, Satria Nusantara, Pagar Nusa, Tapak Suci, Melati Suci dan perguruan silat lainnya yang ada di Kabupaten Bungo," tutupnya. (***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook